Ganjar Pranowo Diperiksa Bawaslu Siang Ini Terkait Deklarasi Dukungan Kepada Jokowi

Beritakompas.com – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo akan menjalani pemeriksaan oleh Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Jawa Tengah terkait deklarasi yang dilakukannya yang mendukung pasangan calon Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Solo, Januari 2019 lalu.

Pemeriksaan untuk terhadap Ganjar mulanya direncanakan akan digelar Senin (18/2/2019) namun  dimajukan menjadi Jumat (15/2/2019) siang ini.

“Iya, pemeriksaan dipercepat pada pukul 13.00 WIB nanti,” ujar Koordiantor Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Jateng, Sri Wahyu Ananingsih, saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat pagi.

Ana mengatakan, Ganjar telah mengonfirmasi kehadiran pada pemeriksaan tersebut. Ganjar akan dicecar pertanyaan soal deklarasi yang diikuti 31 kepala daerah dari partai koalisi Jokowi-Ma’ruf tersebut.

Pemeriksaan terhadap Ganjar, kata Ana, penting karena yang bersangkutan selalu penggagas acara. Sementara, para pesertanya dari kepala daerah seluruhnya telah diperiksa oleh Bawaslu tingkat kabupaten dan kota.

Untuk Ganjar, pengawas telah menyiapkan puluhan pertanyaan untuk dijawab dalam pemeriksaan siang nanti.

“Draf yang kami siapkan itu ada 30 pertanyaan. Tapi, itu bisa berubah dalam pemeriksaan nanti,” ujar dia.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo menantang Bawaslu untuk memeriksa dirinya soal deklarasi tersebut. Tantangan itu karena Ganjar merasa kegiatan bersama 31 kepala daerah itu tidak menyalahi ketentuan dalam kampanye.

“Kalau ada yang salah ditunjukkan,” ujar Ganjar, ketika dikonfirmasi wartawan, sesuai rapat koordinasi kebencanaan, di Semarang, Rabu (13/2/2019).

Ganjar mengaku, menanti panggilan pemeriksaan dari pengawas dalam kegiatan tersebut. Ia bahkan berkelakar siap diperiksa sejak hari-hari kemarin.

“Pemeriksaan tidak dipanggil-panggil. Panggil saja, saya maunya diperiksa itu kemarin,” ujar dia.

Selain Ganjar, sejumlah kepala daerah yang ikut serta dalam deklarasi satu persatu dipanggil Bawaslu tingkat kabupaten. Sejumlah kepala daerah yang telah dipanggil antara lain Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryati Rahayu, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan kepala daerah lainnya.

Be the first to comment

Komentar Anda