Jepang Melaju Ke Final Piala Asia 2019 Usai Tundukkan Iran 3-0

Beritakompas.com – Juara empat kali piala Asia Jepamg berhasil melangkah ke babak Final Paial Asia 2019 usai menaklukkan timnas Iran dengan skor 3-0 di Stadion Hazza Bin Zayed, Senin (28/1/2019) malam.

Timnas Iran yang sebelumnya menjadi favorit juara dalam turnamen kali ini karena belum pernah kebobolan pada laga sebelumnya dalam pertandingan malam ini kiper Alireza Beiranvand harus memungut bola 3 kali dari gawangnya.

Dimana Osako yang kembali ke starting line-up untuk pertama kalinya sejak mengalami cedera pinggul pada pertandingan pembukaan Jepang, menciptakan gol pertama pada menit ke-56. Gol ini bermula dari umpang silang Takumi Minamino. Yuya Osako kemudian menyambutnya dengan sundulan. Jepang unggul 1-0.

Pemain depan Werder Bremen ini menggandakan keunggulan Jepang menjadi 2-0 dari titik penalti pada menit ke-65. Penalti diberikan wasit setelah Morteza Pouraliganji menghalangi operan Takumi Minamino menggunakan tangan. Wasit asal Australia, Chris Beath, sempat melihat tayangan ulang melalui Video Assistant Referee (VAR) sebelum memastikan memberi penalti untuk Jepang.

Jepang menyempurnakan kemenangan menjadi 3-0 melalui gol Genki Haraguchi pada masa injury time. Genki melakukan aksi solo run sebelum memberikan umpan terukur kepada Haraguchi yang kemudian melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti menggunakan kaki kirinya.

 Skor 3-0 untuk Jepang tidak berubah hingga wasit Chris Beath meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan. Timnas Jepang lolos ke final sekaligus merusak rekor Iran yang tak kebobolan sepanjang Piala Asia 2019.

Pada laga final Piala Asia, Jepang akan bertemu pemenang pertandingan antara Qatar dan Uni Emirat Arab (UEA) yang akan berlangsung Selasa (29/1/2019) .

Susunan Pemain:

Iran: Alireza Beiranvand (gk); Rezaeian, Morteza Pouraliganji, Hossein Kanaanizadegan, Milad Mohammadi, Ebrahimi, Ehsan Hajisafi, Alireza Jahkanbash (Mehdi Torabi 72′), Ashkan Dejagah (Saman Ghoddos 72′), Vahid Amiri (Karim Ansarifard 59′), Sardar Azmoun.

Jepang: Suichi Gonda (gk); Hiroki Sakai (Sei Muroya 73′), Takehiro Tomiyasu, Maya Yoshida, Yuto Nagatomo, Ritso Doan (Junya Ito 89′), Gaku Shibasaki, Wataru Endo (Tsukasa Shiotani 60′), Genki Haraguchi, Yuya Osako, Takumi Minamino.

Be the first to comment

Komentar Anda