Letjen Doni Monardo Akan Dilantik Presiden Hari Ini Sebagai Kepala BNPB

Beritakompas.com – Letjen Doni Monardo pagi ini akan dilantik sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) oleh Presiden Joko Widodo.

Hal tersebut disampaikan oleh Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi, Johan Budi Saptopribowo saat ditanyakan awak media kepadanya.

“Ya benar, Doni Monardo dilantik pagi ini sebagai Kepala BNPB oleh Presiden,” sebut Johan Rabu (9/1/2018) pagi.

Berdasarkan agenda, upacara pelantikan akan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, pukul 09.00 WIB dimana pelantikan Doni sebagai Kepala BNPB sedianya digelar pada Rabu (2/1/2019) lalu. Namun, ditunda dengan alasan harus ada revisi perpres.

Doni akan menggantikan Laksamana Muda (Purn) Willem Rampangilei yang sebelumnya sudah menjabat Kepala BNPB sejak 2015.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, pergantian Willem ke Doni murni bertujuan untuk menyegarkan organisasi.

“Pertimbangan penyegaran organisasi jauh lebih dikedepankan,” ujar Moeldoko.

Sosok mantan Danjen Kopassus itu dipilih karena ia dinilai memiliki rekam jejak yang baik dalam kepemimpinan sekaligus manajerial. Moeldoko yakin Doni mampu membawa BNPB lebih profesional lagi dalam melakukan tugas-tugasnya.

Sebelum ditunjuk sebagai Kepala BNBP, jenderal bintang tiga kelahiran Cimahi, Jawa Barat ini menjabat sebagai Wantanas sejak sembilan bulan lalu.

Doni juga pernah menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi dan Panglima Komando Daerah Militer XVI/ Pattimura.

Lulusan Akademi Militer tahun 1995 ini sempat menjabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Semuanya sudah tahu, track record (jejak rekam) Pak Doni itu bagus, banyak inisiatif, mengembangkan sesuatu terus menerus. Itu yang dibutuhkan,” ujar Moeldoko.

Be the first to comment

Komentar Anda