Filipina Gempa 7,1 Peringatan Tsunami Dikeluarkan Sampai ke Indonesia

Beritakompas.com – Gempa mengguncang kawasan kepulauan di Mindanao, bagian selatan Filipina pada Sabtu (29/12/2018) dengan kekuatan 7,1 SR dimana peringatan tsunami dikeluarkan  untuk wilayah di sekitar Filipina dan Indonesia.

Perigatan tsunami ini dikeluarkan oleh Pasific Tsunami Warning Center milik The National Weather Service yang merupakan lembaga peringatan tsunami yang dikelola Amerika Serikat.

Dilansir dari CNBC, gempa dilaporkan berada di 193 kilometer di sebelah timur kota General Santos di Filipina. Pusat gempa berada di kedalaman 60 kilometer.

Potensi tsunami dapat terjadi hingga 300 kilometer dari pusat gempa. Ini termasuk wilayah yang berada di Indonesia.

Namun, hingga saat ini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG masih mengkaji apakah tsunami itu sampai ke Indonesia dan berpotensi membahayakan.

Adapun wilayah di Indonesia yang merasakan getaran gempa tersebut berada di wilayah Sulawesi dan Maluku Utara diantaranya antara lain Molonguane Talaud, Tahuna Sangihe, Siau Sitaro, Tobelo, Morotai, Manado, Ternate, dan Jailolo.

BMKG mengimbau untuk masyarakat di Kepulauan Sangihe dan Talaud untuk tetap tenang dan tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab, karena gempa ini tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia.

Hal ini juga disampaikan BMKG melalui akun resmi twitternya, @infoBMKG.

Be the first to comment

Komentar Anda