Luka Modric Raih Ballon d’Or 2018 Patahkan Dominasi Ronaldo dan Messi Satu Dekade

Beritakompas.com – Dominasi  Cristiano Ronaldo (Juventus) dan Lionel Messi (Barcelona) selama 10 tahun atau satu dekade terakhir dalam penghargaan Ballon d’Or berakhir setelah Luka Modric, pesepak asal bola Kroasia berhasil meraih penghargaan Ballon d’Or 2018

Modric dinobatkan sebagai pesepak bola pria terbaik dunia dalam malam penghargaan Ballon d’Or 2018 di Grand Palais, Paris, Senin (3/11/2018) atau Selasa dini hari WIB.

Sebelumnya, sejak 2008 hingga 2017, dominasi Ronaldo dan Messi tidak tergantikan dengan masing-masing meraih lima gelar. Namun, pada tahun ini, Ronaldo hanya mampu menempati peringkat kedua dalam voting, sedangkan Messi di posisi kelima. Peringkat ketiga diraih oleh striker Atletico Madrid asal Perancis, Antoine Griezmann.

Walau gagal membawa Real Madrid menjadi juara Liga Spanyol, Modric sukses membantu El Real meraih Liga Champions tahun ini. Kemenangan 3-1 atas Liverpool di babak final membuat Modric dan Real Madrid menyabet gelar Liga Champions untuk kali ketiga secara beruntun.

Modric juga tampil gemilang di kancah internasional dimana dirinya yang dipilih sebagai kapten timnas Kroasia  sukses membawa negaranya ke pencapaian tertinggi di Piala Dunia. Pada ajang Piala Dunia 2018, Modric memandu timnas Kroasia menembus babak final untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Tak heran jika Modric sudah mendominasi penghargaan pribadi tahun ini. Setelah menjadi pemain terbaik UEFA 2018, Modric kembali terpilih sebagai pemain pria terbaik di FIFA Awards 2018. Penghargaan dari France Football, penyelenggara Ballon d’Or, melengkapi pencapaian Modric sebagai individu terbaik di sepakbola tahun ini.

Be the first to comment

Komentar Anda