Tim Cyber Polda Jatim Tangkap Wanita Penyebar Berita Hoax Gempa Jakarta

Beritakompas.com – Seorang wanita yang diketahui bernama Martha Margaretha (47) warga Lakarsantri, Surabaya ditangkap tim cyber polda Jatim setelah menyebarkan berita hoax tentang gempa Jakarta.

Perempuan yang diketahui mengontrak di Japan Ngagel Rejo Kidul 119 Surabaya tersebut ditangkap setelah diduga menyebarkan berita hoax dimana saat ini pelaku sedang menjalani pemeriksaan insentif oleh penyidik Polda Jatim.

“Pelaku diamankan anggota saat berada di kantornya Graha EXA, Jalan Raya Gubeng Surabaya. Sebab setelah dilakukan pemetaan pelaku tidak tinggal sesuai dengan identitas, melainkan ngontrak,” terang Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera, Jumat (5/10/2018).

Disebutkan oleh Frans Barung bahwa modusnya pelaku memposting konten berita hoax yang belum pasti kebenarannya yang dapat menerbitkan keonaran di kalangan masyarakat pada Jumat 24 Agustus 2018. Dimana link berisi berita kejadian gempa beberapa kali di Lombok dengan kekuatan 6,5 – 6,0 – 7,0 SR.

Dan perkiraan BMKG mengenai Megatrust pulau jawa dan sangat mungkin terjadi di Jakarta diperkirakan berkekuatan 8,9 SR, dan imbauan masyarakat untuk menyiapkan tas yang diisi beberapa perlengkapan untuk kebutuhan beberapa hari dalam menghadapi bencana.

“Dari tangan pelaku, kami mengamankan Smartphone ASSUS Zenphone 2 Lasser warna hitam. Tersangka akan dijerat dengan pasal14 Ayat (2) UU RI No 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan atau Pasal 15 UU RI No 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana,” tandas Barung.

Be the first to comment

Komentar Anda