Masa Pendaftaran CPNS Diperpanjang Lima Hari

Masa Pendaftaran CPNS Diperpanjang Lima Hari
Ilustrasi

Masa Pendaftaran CPNS Diperpanjang Lima Hari

Berita Kompas – Calon pegawai negeri sipil (CPNS) Diperpanjang lima hari masa pendaftaran. Badan kepegawaian Negara (BKN) awalnya merencanakan pendaftaran CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id dimulai pada 19 september dan ditutup 10 oktober 2018.

BKN kemudian memperpanjang masa pendaftaran hingga 15 oktober 2018. Informasi perpanjangan masa pendaftaran itu diumumkan BKN melalui akun instagram resmi. @bkngoidofficial, selasa (2/10) malam.

Adapun beberapa kriteria calon pelamar CPNS yaitu :

1. Lulusan Cumlaude

Untuk putra dan putri dengan predikat pujian atau Cumlaude minimal harus lulus Strata 1 (S1) dari dalam negeri maupun luar negeri.

2. Penyandang Disabilitas

Nah, bagi penyandang disabilitas syaratnya cukup gampang kok.

Kamu hanya perlu untuk melampirkan surat keterangan dokter yang berisi jenis/tingkat disabilitasnya.

3. Putra/Putri Papua dan Papua Barat

Calon pelamar ini haruslah keturunan Papua/Papua Barat dari garis ayah/ibu.

Hal ini dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang diperkuat dengan surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku setempat.

4. Diaspora

Diaspora merupakan orang Indonesia yang menetap di luar Indonesia.

Calon pelamar ini harus memiliki paspor Indonesia yang masih berlaku.

Selain itu, pelamar harus menyertakan surat rekomendasi dari tempat bekerja minimal selama 2 tahun.

Pelamar diaspora juga harus punya surat keterangan bebas dari masalah hukum yang diterbitkan oleh Kementrian Luar Negeri. dsb,.

Panitia pelaksana panselnas telah memutuskan untuk memperpanjang masa pendaftaran CPNS untuk seluruh instansi s.d 15 oktober 2018, demikian pernyataan BKN.

BKN tidak menjelaskan secara rinci alasan perpanjangan masa pendaftaran CPNS itu. Perpanjangan masa pendaftaran nantinya juga dilakukan secara otomatis diweb SSCN tanpa perlu mengubah setting.

Postingan BKN itu direspon belasan ribu pengguna instagram. Tercatat 19.841 pengguna Instagram menyukai postingan itu. Pada tahun 2018 ini, pemerintah membukka lowongan CPNS untuk 238.015 Formasi.

Namun, sejak sepekan setelah pendaftaran CPNS resmi dibuka, belum ada 100 persen instansi yang membuka formasi lowongan bisa dilamar. Data terakhir BAdan kepegawaian Negara baru 91 persen instansi yang bisa dilamar dengan jumlah pelamar 284.740 orang. Dari angka tersebut, yang telah diverifikasi oleh instansi sebanyak 58.626 orang.

Be the first to comment

Komentar Anda