Empat Bank Pemerintah Digabung Jadi bank Mandiri

Bank Mandiri

Empat Bank Pemerintah Digabung Jadi bank Mandiri

Berita kompas – Hari Selasa tanggal 02 oktober 2018, pertama kali dalam sejarah indonesia Empat bank pemerintah bergabung menjadi bank Mandiri. tepatnya pada 02 oktober 1998 bank Mandiri telah berdiri selama 20 tahun.

Adapun keempat bank yang pelat merah itu  adalah Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo). keempat bank yang memiliki latar belakang bisnis yang berbeda itu bergabung untuk membentuk bank baru yang memiliki fungsi yang beragam, dengan penggabungan modal keempat bank dan tambahan dari pemerintah.

Bank Mandiri lahir sebagai bank baru setelah pengabungan keempat bank yang masing- masing dinilai sakit-sakitan dan membutuhkan sebuah suntikan pembenahan. Maka dari itu sebuah pengabungan dinilai sebagai solusi yang masuk akal.

Bank Dagang Negara (BDN) sebelumnya merupakan salah satu bank tertua diIndonesia yang mempunyai kiprah di Batavia pada 1857. Pada awalnya bank yang bernama Nederlandsch Indische Escompto Maatschappij melayani dan membiayai sektor industri dan pertambangan.

Bank Ekspor Impor awalnya memulai kiprah pada tahun 1824 masa pendudukan kolonial. Bank Exim juga merupakan sebuah perusahaan dagang Nederlandsch Indische Escompto Maatschappij ( NHM) yang mengoperasikan pangkalan komoditas dagang di Batavia. Selain itu NHM juga aktif dalam beberapa ekspor barang. Pada tahun 1960-an pemerintah Indonesia menasionalisasikan perusahaan ini menjadi Bank Ekpor dan Impor Indonesia.

Ada juga Bank Bumi Daya ( BBD) yang juga mempunyai kiprah sejak era kolonial belanda dengan De National Handelsbank ( NV).

Terakhir Bank Pembangunan Indonesia ( Bapindo) satu-satunya bank yang murni didirikan pemerintah Indonesia. Berdiri dengan nama awal Bank Industri Negara pada tahun 1951 yang fokus pada sektor perkebunan, Industri dan pertambangan.

Ditahun 1960, BIN melebur menjadi Bapindo yang memiliki peran lebih banyak. selain membantu pembiayaan, juga melayani transportasi dan pariwisata. kemudian juga menerima Giro dan Deposito.

Dengan fungsi dan layanan yang berbeda-beda pengabungan keempat Bank tersebut membutuhkan waktu dua tahun. Hal ini karena adanya perdebatan mengenai bank mana yang akan menjadi surviving bank ( Dipertahankan untuk mengakuisi bank lainnya).

Setelah melalui proses konsolidasi dan integrasi menyeluruh disegala bidang. Bank Mandiri berhasil membangun organisasi bank yang solid dan mengimplementasikan core banking system baru yang terintegrasi mengantikan core banking system dari keempat bank sebelumnya yang saling terpisah.

 

 

Be the first to comment

Komentar Anda