Aktivis Ratna Sarumpaet Dikabarkan Dianiaya Hingga Lebam di Bandung

Beritakompas.com – Aktivis Ratna Sarumpaet dikabarkan mengalami penganiayaan dan pemukulan di Bandung, Jawa Barat dimana penyebab pemukulan yang dialaminya masih belum diketahui.

Sebuah foto wajah Ratna Sarumpaet dengan kondisi bengap dan lebam beredar di media sosial. Akun Aminudin Atbar menggunggah foto tersebut dengan kalimat, meminta penegak hukum untuk mengusut dugaan kekerasan yang dilakukan oleh “orang-orang pengecut.”

Sementara itu musikus Ahmad Dhani rekan sesama aktivis membenarkan soal peristiwa pemukulan dialami oleh Ratna. Ibu dari artis Atika Hasiholan tersebut dipukuli saat sedang berada di Bandung. Namun, dia tidak tahu persis kapan peristiwa itu terjadi.

“Iya benar (dianaiaya), di Bandung. Tadi pagi saya telepon tapi belum cerita (kronologis),” ujarnya kepada awak media, Selasa (2/10/2018).

Dhani belum dapat memberikan keterangan lebih rinci soal pemukulan tersebut. Namun, Ratna mengaku luka lebam di kedua matanya dan patah gigi karena pemukulan itu.

“Mukanya lebam, giginya patah. Dipukulin giginya patah,” katanya.

Sementara itu menurut keterangan yang diperoleh dari Aminudin yang juga Ketua Presidium 212 dan Ketua Genari atau Gerakan Cinta NKRI.

Disebutkan oleh Amin bahwa saat ini Ratna masih dalam perawatan medis dan tak bisa ditemui. Ia sendiri mengaku belum bisa bertemu dengan Ratna, karena ia masih trauma.

Aminudin menambahkan, saat ini, pengacara Ratna masih bergerak mengumpulkan bukti.

“Saya dan kawan-kawan di gerakan ini meminta, agar polisi mengusut tuntas kasus ini. Negara ini harus siap berdemokrasi. Siapapun tidak boleh melakukan kekerasan pada aktivis, siapapun tidak boleh melakukan kekerasan terhadap perempuan,” ujarnya.

Ratna sendiri belum bisa dihubungi. Panggilan telepon tidak diangkat dan pesan tertulis yang dikirim belum dijawab.

Be the first to comment

Komentar Anda