Penyebab Ubanan Di Usia Muda

Beritakompas.com –¬†Uban biasanya muncul pada orang yang berusia 40 tahun ke atas. Namun ada pula pria maupun wanita yang sudah mendapati rambutnya beruban di usia muda, sekitar 20-an tahun bahkan saat masih remaja.

Adapun  beberapa faktor penyebab kenapa uban bisa muncul di usia muda sehingga mengganggu penampilan seperti yang dilansir dari Stylecraze:

1. Genetik

Ini adalah faktor utama dalam menentukan usia rambut Anda mengalami kehilangan pigmen. Untuk beberapa orang, itu bisa terjadi bahkan sebelum berusia 20 tahunan. Jangan khawatir dengan kondisi perubahan itu karena terjadi secara alami.

2. Kekurangan melanin

Dalam sebagian besar kasus, kekurangan melanin adalah penyebab utama rambut memutih. Produksi melanin tergantung pada suplemen nutrisi dan protein yang tepat. Kurangnya nutrisi ini menyebabkan melanin berkurang dan sebabkan rambut beruban.

3. Hormon

Hormon memiliki dampak besar pada pigmentasi rambut Anda. Bila terjadi ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan rambut menjadi putih.

4. Kondisi medis

Kondisi medis tertentu dapat memicu hilangnya pigmen di rambut Anda. Misalnya jika tubuh kekurangan vitamin B12 atau masalah dengan kelenjar tiroid dan pituitari. Maka jangan heran, jika Anda terdiagnosa penyakit tersebut bisa mengalami rambut ubanan secara tiba-tiba.

5. Stres

Stres yang disebabkan oleh jadwal kerja yang sibuk adalah penyebab utama penuaan dini. Apalagi kalau Anda bersama sering konsumsi alkohol dan makanan cepat saji yang berlebihan. Lama-lama rambut cepat ubanan meski usianya baru 20 tahun.

6. Bahan kimia

Terkadang, penggunaan shampo berbasis kimia, sabun, pewarna rambut, dan lainnya secara langsung menyebabkan rambut ubanan. Namun, itu bisa diakibatkan dari beberapa infeksi alergi juga. Maka hindari produk shampo yang mengandung bahan kimia berbahaya, supaya rambut Anda tetap hitam berkilau.

7. Faktor ekstrinsik

Perubahan warna rambut Anda dapat terjadi karena faktor eksternal seperti iklim, polusi, dan paparan bahan kimia tertentu. Faktor-faktor ini mempercepat proses penuaan dini, yang ditandai dengan rambut beruban.

Be the first to comment

Komentar Anda