Kawasaki H2R Kalahkan Mobil F1 dan Jet16 Dalam Adu Cepat di Ajang Teknofest Istanbul

Beritakompas.com – Sepeda Motor Kawasaki H2R yang dikenal sebagai sepeda motor sport dengan mesin supercharger yang mampu menghasilkan tenaga besar baru baru ini menjadi yang tercepat dalam ajang adu cepat di ajang Teknofest Istanbul, Turki.

Kawasaki H2R yang menjadi incaran pehobi gila kecepatan roda dua di seluruh dunia sejak pertama kali dikenalkan ke publik membuktikan merupakan pemilik mesin tercepat dengan mengalahkan benda-benda lain, yang dikenal sebagai pemilik mesin terkencang dalam adu kecepatan di sebuah landasan udara.

Pesaing-pesaingnya bukan sembarangan dimana terdapat mobil F1 Red Bull Racing, Tesla P1000DL, Lotus Evora 430 GT dan Aston Martin New Vantage. Bukan hanya itu sebuah pesawat jet F-16 dari tim aerobatik Turki, Solo Turk serta sebuah pesawat jet komersial Challenger 605 bergabung dalam balapan adu cepat ini.

Dari rekaman yang viral di media sosial, adu cepat dimulai dengan melesatnya mobil F1 Red Bull di posisi terdepan, disusul dengan Tesla dan F16 dan H2R. Namun memasuki jarak 500 meter, H2R mulai menyusul mobil F1 diikuti dengan F16 yang meninggalkan mobil lain di belakang.

Akhirnya dengan total waktu 9,43 detik H2R keluar sebagai yang tercepat. Pengendara Kawasaki H2R adalah Kenan Sofuoglu, mantan pebalap Kawasaki di Supersport World Champion dan sekarang bekerja sebagai senator di Turki.

Festifal Teknofest Istanbul sendiri diadakan oleh Turkey Technology Team Foundation (T3) dan bekerja sama dengan pemerintah kota Istanbul Metropolitan. Festifal ini bertujuan untuk mengenalkan kemajuan dirgantara dan transportasi kepada warga Turki.

Kawasaki H2R sendiri mengusung mesin 998 cc 4-tak supercharger dengan tenaga 296 tk. Dalam kesempatan pemecahan rekor sebelumnya, H2R tembus top speed 400 kilometer per jam.

Di Indonesia, H2R ditawarkan dengan banderol lebih dari Rp 1 miliar dan hanya digunakan untuk kebutuhan di sirkuit. Bagi yang berminat versi lebih jinaknya ada H2 yang dibanderol Rp 661 juta dan H2 Carbon yang dibanderol Rp 820 juta.

 

Be the first to comment

Komentar Anda