Daftar 3 Pemilik Media Massa Pendukung Jokowi di Pilpres 2019

Beritakompas.com – Pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo dan Ma’Aruf Amin yang telah memilih Erick Thohir sebagai ketua tim kampanye nasional menambah daftar pemilik media massa sebagai pendukung Jokowi.

Hal tersebut mendapat tanggapan dari pengamat politik asal Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Pangi Syarwi Chaniago dimana menurut Pangi meski mendapat dukungan dari banyak pemilik media, jalan Jokowi-Ma’ruf untuk memenangi pilpres 2019 belum tentu mulus.

“Jokowi perlu berhati-hati meski pegang semua bohir media, karena (media) enggak jadi penentu kemenangan,” kata Direktur Eksekutif Voxpol Center itu saat dihubungi Awak Media, Kamis (6/9/2018).

Sebelumnya Jokowi telah didukung oleh dua pemilik media massa yakni Surya Paloh dan Harry Tanoesoedibyo dan dengan terpilihnya Erick Thohir menjadi ketua tim kampanye nasional menjadikan pasangan Joko Widodo-Ma’Aruf Amin kini mendapat dukungan dari tiga  pemilik media massa.

Berikut daftar pemilik media massa dalam barisan pendukung Jokowi:

1. Surya Paloh
Surya Paloh yang juga Ketua Umum Partai Nasdem salah satu parpol pendukung Jokowi merupakan pemilik kelompok usaha media massa bernama Media Group.

Surya Dharma Paloh nama lengkap pemilik Media Group yang berisikan media massa berskala lokal sampai nasional tersebut memiliki beberapa jenis media massa dari media cetak, elektronik, hingga daring. Beberapa media cetak di dalam grup media Surya Paloh ini yaitu harian Media Indonesia, Lampung Post, dan tabloid Prioritas.

Di media elektronik, Surya Paloh juga memiliki stasiun televisi yaitu Metro TV. Metro TV merupakan salah satu televisi swasta terbesar di Indonesia yang telah ada sejak tahun 2000.

Media Group milik Surya Paloh ini juga memiliki beberapa media daring atau online. Media online tersebut antara lain, Medcom.id, MediaIndonesia.com, MetroTVNews.com,serta Lampost.co.

2. Hary Tanoesoedibjo
Hary Tanoesoedibjo yang awalnya dikenal sebagai pengusaha sebelum masuk ke dunia politik. Dia dalah Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) sekaligus pemilik usaha media massa bernama MNC Group.

Hary Tanoe juga menjajali pasar media daring di Indonesia dengan memiliki beberapa portal berita online. Antara lain, Okezone.com, Sindonews.com, dan iNews.id.
MNC Group milik Hary tak hanya bergerak di bidang usaha media massa. Meski demikian, MNC Group memiliki anak usaha media massa skala besar dari media cetak, media elektronik, hingga media daring.

Setidaknya, MNC Group milik Hary Tanoe memiliki empat stasiun televisi yaitu MNC TV, Rajawali Citra Televisi Indonesia alias RCTI, GTV, dan iNews TV. Hary Tanoe juga mempunyai beberapa staisun radio antara lain MNC Trijaya FM, Global Radio, dan V Radio.

Untuk media cetak, Hary Tanoe memiliki harian Koran Sindo dan majalah Sindo Weekly. Selain itu, ada beberapa majalah di dengan segmen tertentu di dalam MNC Group antara lain tabloid Genie, Mom & Kiddie, dan HighEnd Teen.

3. Erick Thohir

Erick Thohir yang baru saja resmi ditunjuk sebagai Ketua tim kampanye Jokowi dan Ma’ruf pada Sabtu pekan lalu. Dia merupakan seorang yang baru di dunia politik, namun orang lama dalam bidang usaha media.

Erick dikenal sebagai pemilik Mahaka Group yang merupakan perusahaan induk yang berfokus di bisnis media massa dan hiburan. Bisnis media massanya mulai dari media cetak, media elektronik, dan media daring.

Erick merupakan pemilik surat kabar nasional harian Republika yang pertama kali terbit pada tahun 1993. Selain itu, ada pula surat kabar berbahasa Mandarin, Harian Indonesia, yang dimiliki Erick. Dia turut memiliki beberapa majalah dengan segmen tertentu yakni Majalah a+ dan Majalah Golf Digest Indonesia.

Untuk media elektronik, Erick setidaknya memiliki dua stasiun televisi yaitu Jak TV dan Alif TV. Jak TV adalah stasiun televisi lokal di Jakarta sedangkan Alif TV merupakan TV berlangganan bertema islami.

Erick juga diketahui memiliki beberapa stasiun radio yaitu Gen FM, Jak FM, Hot FM, Most FM, dan Kis FM. Di bidang media online, dia memiliki portal berita Republika Online dan Sportku.com.

 

 

Be the first to comment

Komentar Anda