Hongkong Geser New York Sebagai Kota Dengan Orang Kaya Terbanyak di Dunia

Beritakompas.com – New York yang sebelumnya menempati urutan pertama sebagai kota dengan jumlah orang kaya terbanyak di dunia, kini posisinya digeser oleh Hongkong. Dimana Tahun ini jumlah orang kaya di Hongkong  meningkat mencapai 10.000 individu pada tahun ini atau tiga kali lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

Padahal, New York telah menjadi kota dengan jumlah orang kaya terbanyak sejak lembaga penelitian Wealth-X memulai pemeringkatan pada 2011 lalu. Lembaga ini mendefisinikan setiap kekayaan individu dengan nilai bersih paling sedikit US$30 juta (Ultra High Net Worth Individuals/UHNWI).

Menurut Wealth-X, Jumat (7/9), kenaikan jumlah orang kaya di Hong Kong didorong oleh booming pasar saham dan pertumbuhan pasar keuangan yang terhubung dengan ekonomi China.

Di antara miliarder Hong Kong yang terkemuka terdapat Li Ka-shing yang mengendalikan bisnis pelabuhan, jaringan telekomunikasi, dan sektor energi di seluruh dunia.

Bahkan, tidak ada satu kota pun di China daratan yang individunya masuk daftar 10 teratas orang super kaya versi Wealth-X.

Hal itu juga dikarenakan kekayaan individu di China tidak terkonsentrasi hanya di satu area saja, tetapi tersebar di seluruh wilayah. 

“Dinamika lahirnya orang kaya di seluruh wilayah di China sangat mengejutkan,” tulis laporan Wealth-X.

Tahun lalu, jumlah orang super kaya di Asia naik 20 persen. Peningkatan kekayaan orang Asia ditopang oleh tumbuhnya belanja konsumen, investasi infrastruktur dan reformasi ekonomi.

“Asia Pasifik diperkirakan akan menutup kesenjangan orang super kaya-nya dengan wilayah lain dalam lima tahun ke depan,” terang laporan tersebut.

Studi Capgemini menyebutkan bahwa selama empat tahun terakhir, jumlah orang kaya di Asia Pasifik dengan aset paling sedikit US$1 juta tumbuh tinggi dibandingkan wilayah lain di dunia.

Diperkirakan China memiliki lebih banyak miliarder daripada Amerika Serikat. Namun, kondisi global, seperti perang dagang antara AS dengan China dan jatuhnya mata uang China terhadap dolar AS dinilai akan menjadi rintangan bagi orang super kaya China memupuk kekayaannya.

Secara keseluruhan, jumlah orang super kaya di dunia naik 13 persen dibanding tahun lalu menjadi lebih dari 250 ribu individu. Total kekayaan gabungan mereka mencapai US$31,5 triliun.

Kota-kota lain di 10 teratas dengan jumlah individu berkantong paling tebal meliputi Tokyo, Los Angeles, Paris, dan London.

Be the first to comment

Komentar Anda