Roy Suryo Berpotensi Langgar UU Tipikor Jika Tidak Kembalikan Asset Negara

Beritakompas.com – Terkait kasus Roy Suryo yang merupakan mantan Menpora yang ditagih oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)  soal barang barang inventaris negara yang belum dikembalikan, ICW menilai apabila Roy tak mau mengembalikan barang itu maka Roy berpotensi melanggar UU Tipikor.

Disebutkan oleh salah seorang peneliti ICW, Firdaus Ilyas bahwa apabila dalam kasus barang negara jika tidak dikembalikan dan menyebabkan kerugian negara maka hal tersebut berpotensi melanggar UU Tipikor.

“Di kasus ini kan ini barang milik negara, kalau tidak dikembalikan artinya kan ada kerugian negara. Kerugian negara kan berpotensi dan ada kerugian negara kan diatur di UU Tipikor,” sebut Firdaus.

Firdaus mengatakan, barang-barang itu sudah ditagih sejak tahun 2014 dan sampai tahun 2018 belum semuanya dikembalikan. Dia mempertanyakan di mana niat baik Roy untuk mengembalikan barang tersebut padahal waktu sudah 4 tahun berlalu.

“Niatnya juga harus dipertanyakan. Ini kan sudah 4 tahun lalu ditagih dan sekarang ditagih lagi. Artinya niat mau mengembalikan atau tidaknya ini harus dipertanyakan juga,” ucapnya.

Menurut Firdaus, apa yang ditagih oleh Kemenpora bukanlah mengada-ada. Firdaus menjelaskan, Kemenpora menagih berdasarkan hasil audit BPK.

“Nah ini kan temuan BPK dan status per bulan Mei kemarin itu masih ada sekian ribu barang yang belum dikembalikan, jadi kalau tidak dikembalikan berarti ada kerugian negara,” ungkapnya.

Be the first to comment

Komentar Anda