Oposisi Sorot Stuntman Jokowi Di Pembukaan Asian Games 2018

Beritakompas.com РStuntman atau pemeran pengganti Presiden Joko Widodo sebagai pengendarta motor gede (moge) pada video pembukaan Asian Games 2018 mendapat sorotan dari pihak oposisi, dimana Ferdinand  Hutahaean yang merupakan elit partai Demokrat menyebutkan bahwa aksi tersebut disayangkan karena membuyarkan atraksi memukau lainnya dalam pembukaan Asian Games.

“Informasi yang kami dapat, pemeran pengganti dibayar dan disewa dari Thailand. Bahkan sudah beberapa kali menjuarai atraksi-atraksi motor seperti ini,” ujar Ferdinand saat dihubungi, Minggu (19/8/2018).

Ferdinand mencermati betul scene demi scene aksi Jokowi menunggangi moge dalam video. Terlihat ada perbedaan mencolok antara Jokowi dan stuntman saat mengendarai moge. Ferdinand lalu mendesak Presiden Jokowi untuk buka-bukaan soal aksi pemeran pengganti tersebut.

“Beliau ini untuk mengambil dan menarik kaum milenial yang cukup besar pemilihnya (saat Pemilu 2019). Pak Jokowi kami minta jujur ke publik untuk menjelaskan karena di media sosial ini terpecah,” cetusnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Roy Suryo menganggap wajar apabila beberapa aksi Presiden Jokowi memakai stuntman dalam pembukaan Asian Games 2018. Namun Roy meminta ada etika yang ditampilkan dalam adegan itu.

“Meski semalam saya tahu itu hanya bersifat ‘entertainment’ saja, namun sebaiknya etika dalam penayangan di televisi dilakukan, apalagi ini melibatkan sosok orang pertama (Presiden) di republik ini,” ujar Roy Suryo dalam akun Twitter-nya, Minggu (19/8).

Etika yang dimaksud Roy karena tidak tertulis bahwa beberapa adegan Jokowi menaiki moge dilakukan oleh profesional atau stuntman. Dengan penjelasan demikian, Roy berharap masyarakat mendapat penjelasan utuh.

“Sebagaimana dalam tayangan-tayangan beretika untuk masyarakat, karena kabarnya sebagian aksi tersebut dilakukan tidak oleh sosok yang bersangkutan, maka sebaiknya ditulis ‘TAYANGAN INI DILAKUKAN OLEH PROFESIONAL’, sehingga publik dicerdaskan dan diberikan penjelasan yang jujur,” kata Roy.

Waketum Gerindra Fadli Zon juga ikut menyoroti stuntman Jokowi saat mengendarai moge di video pembukaan Asian Games. Fadli lalu membandingkannya dengan aksi bocah asal NTT bernama Yohanes Ande Kala (13) alias Joni lebih heroik.

“Aksi panjat tiang bendera anak SMP Joni Kala jauh lebih heroik ketimbang aksi stuntman akrobat motor-motoran kemarin,” kata Fadli dalam akun Twitter-nya (fadlizon), Minggu (19/80.

Seperti yang diketahui bahwa dalam pembukaan Asian Games 2018 Presiden Jokowi menghadiri acara yang dilakuakan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan. Untuk tiba di GBK, Jokowi digambarkan menaiki sepeda motor.

Be the first to comment

Komentar Anda