Jokowi Bahas Kerjasama Ekonomi dan Singgung Konflik Palestina-Israel Saat Bertemu Menlu AS di Istana

Beritakompas.com – Presiden Joko Widodo pada Minggu (5/8/2018) menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (menlu AS ) Mikhael Richard Pompeo di Istana Merdeka, Jakarta. Dimana dalam pertemuan tersebut keduanya membahas berbagai topik.

Adapun topik yang dibicarakan antara keduanya mulai dari kerjasama ekonomi hingga isu perdamaian termasuk konflik Palestina-Israel.

Disebutkan oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi bahwa dalam pertemuan tersebut  Jokowi menyinggung soal konflik Palestina-Israel kepada Pompeo.

 “Presiden menyampaikan agar Amerika memberikan peran yang kontributif kepada proses perdamaian,” kata dia seusai mendampingi Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Retno menjelaskan kemerdekaan Palestina adalah prioritas politik luar negeri Indonesia. “Dan ada di setiap hati masyarakat Indonesia,” kata dia.

 Bagi Indonesia, kata Retno, cara ampuh untuk mengakhiri konflik Palestina-Israel adalah lewat solusi bagi dua negara atau two state solution. “Solusi ini dinilai presiden paling valuable,” ujarnya.

Konflik Palestina-Israel yang telah berlangsung puluhan tahun kembali memanas setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump memindahkan kantor kedutaan besarnya untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem pada Senin, 14 Mei 2018, waktu setempat. Meski sempat mendapat penolakan dari berbagai penjuru dunia, Amerika tetap melakukannya.

Be the first to comment

Komentar Anda