Penurunan Suhu di Bandung Sempat Capai 16 Derajat Celcius

Beritakompas.com – Sejak sepekan lalu suhu udara di Bandung menurun dimana saat ini musim kemarau tidak saja membuat siang lebih terik, suhu udara malam di Bandung pun menjadi lebih dingin dari biasanya. “Suhu udara minimum pada dini hari mencapai 17 derajat Celcius,” kata Tony Agus Wijaya, Kepala Stasiun Geofisika Bandung Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Rabu, 4 Juli 2018.

Disebutkan oleh Tony hari ini di Kota Bandung suhu udara maksimum di siang hari mencapai 30 derajat Celcius. Kondisi temperatur seperti itu, menurutnya, wajar setiap tahun di bulan Juli.

“Karena di Kota Bandung sedang di musim kemarau,” kata dia. Suhu menggigit ketika malam ini mulai terasa sekitar sepekan lalu sejak menjelang akhir Juni.

Menurut Tony penyebab perbedaan suhu siang dan malam di musim kemarau ini. Menurutnya, cuaca yang umumnya cerah di siang hari membuat sinar matahari tidak terhalang awan untuk sampai ke permukaan bumi. “Sehingga terasa siang hari lebih terik dan suhu terasa lebih panas,” katanya.

Kemudian saat malam hari, sebagian besar sinar matahari yang mengenai permukaan bumi terpantulkan kembali ke angkasa. Pemantulan itu langsung tanpa terhalang awan, karena langit cerah dan hanya sedikit awan. “Sehingga saat dini hari terasa lebih dingin,” ujar Tony.

Selain itu ada faktor lain. Tiap musim kemarau, angin dominan bertiup dari arah timur atau benua Australia. Angin itu membawa udara dingin. “Saat ini musim kemarau 2018 umumnya normal, tetapi ke depan ada potensi gangguan cuaca jangka pendek yang menyebabkan hujan durasi singkat di musim kemarau,” ujarnya.

Adapun prakiraan cuaca di wilayah Jawa Barat umumnya pagi hari cerah berawan, kemudian siang hari secara umum cerah berawan hingga berawan. Potensi hujan ringan di sebagian wilayah Bogor, Bekasi, Sukabumi, Cianjur, Cirebon, Kuningan, Pangandaran, Ciamis dan Banjar.

Malam hingga dini hari secara umum cerah berawan hingga berawan. Potensi hujan ringan di sebagian wilayah Bekasi, Sukabumi dan Pangandaran.

Suhu udara wilayah Jawa Barat bagian Utara berkisar 23 – 33 derajat Celcius dengan kelembaban udara berkisar 55 – 90 persen. Sementara suhu udara wilayah Jawa Barat bagian selatan berkisar 18 – 32 derajat Celcius dengan tingkat kelembaban udara 55 – 95 persen. Angin secara umum bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan 2 – 30 kilometer per jam.

Be the first to comment

Komentar Anda