Milter Israel Tembak Mati 58 Warga Palestina Dalam Bentrokan Di Gaza

Otoritas Palestina menyebutkan bahwa pasukan Israel telah menewaskan 58 orang dan melukaia 2.700 orang dalam bentrokan Senin (14/5/2018) di Gaza. Dimana bentrokan terjadi akibat protes yang dilakukan warga Palestina menentang pembukaan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Yerusalem

Berdasarkan laporan AFP militer Israel menyebut ada sekitar 40.000 warga Palestina yang ambil bagian dalam aksi protes dan bentrok di 13 lokasi dimana korban tewas termasuk 8 anak di bawah usia 16 tahun.

Massa berkumpul di dekat perbatasan. Sebagian demonstran melemparkan batu mendekati dan berusaha menerobos pagar, dengan penembak jitu Israel yang bersiap pada posisi.

 

Hari Senin (14/5) waktu setempat tercatat sebagai hari paling berdarah bagi warga Palestina. Kementerian Kesehatan Palestina menyebut sudah 58 demonstran tewas dan sekitar 2.700 orang lainnya luka-luka terkena peluru sungguhan maupun gas air mata.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengumumkan masa bekabung selama tiga hari. “Hari ini, sekali lagi, pembunuhan terhadap warga kita terus berlanjut,” ucapnya.

Sementara itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, setiap negara memiliki kewajiban untuk melindungi perbatasannya.

Adapun  Pemerintah Turki turut menetapkan tiga hari masa berkabung sebagai solidaritas untuk para korban tewas yang disebut mati martir.

Seperti dilansir kantor berita Turki, Anadolu Agency, Selasa (15/5/2018), penetapan tiga hari masa berkabung ini disampaikan oleh Wakil Perdana Menteri Turki, Bekir Bozdag, dalam pernyataan pada Senin (14/5) malam waktu setempat, usai menghadiri rapat Dewan Menteri di Ankara.

Dalam pernyataannya, Bozdag menuding Amerika Serikat (AS) telah ‘melanggar’ resolusi Dewan Keamanan PBB dengan membuka Kedubes baru di Yerusalem pada Senin (14/5) waktu setempat.

“Hari ini akan tercatat dalam sejarah sebagai Senin Berdarah bagi umat muslim dan negara-negara Islam,” sebut Bozdag dalam pernyataan pada Senin (14/5) waktu setempat.

Be the first to comment

Komentar Anda