Pengunjung Lapas Ditahan Karena Coba Seludupkan HP Dalam Roti

Seorang pemuda berinisial NN, warga Adijaya, Lampung Tengah ditahan oleh petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Gunung Sugih karena menyembunyikan ponsel yang dimasukkan kedalam roti saat akan mengunjungi kakaknya seorang napi kasus narkotika yang mendekam di Lapas tersebut.

Saat ditemui awak media terkait hal tersebut Kepala Lapas Kelas III Gunung Sugih, Syarpani membenarkan diamankannya NN . Menurut Syarpani ponsel yang akan diselundupkan itu, dimasukkan ke roti tawar saat menemui kakak kandungnya berinisial YS.

 

“Berkat ketelitian dan kejelian petugas pengamanan di pintu utama, maka usaha yang dilakukan NN gagal,”ujarnya, pada sabtu (12/5/2018).

Menurut Syarpani modus selundupkan HP oleh pengunjung sering dilakukan dimana hal tersebut dianggap lebih aman akan tetapi disebutkan olehnya bahwa ia sering  tegaskan agar pemeriksaan selalu dilakukan sesuai SOP. Bisa saja, pengunjung memanfaatkan cara lain untuk menyelundupkan barang ke dalam Lapas.

Syarpani mengungkapkan, siapun yang akan masuk ke lapas, baik itu petugas ataupun pengunjung akan diperiksa. Makanan dan minuman yang dibawa oleh pengunjung pun tak luput dari pemeriksaan. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi semuanya, akan diperiksa yang akan masuk ke dalam Lapas.

Jika memang ada petugas Lapas yang tidak taat mematuhi aturan dalam menjalankan tugasnya, kata syarpani, pihaknya akan memberikan sanksi tegas terhadap petugas tersebut sesuai dengan yang ditentukan oleh Kemeterian hukum dan HAM.

“Kami selalu berkomitmen menjaga Lapas agar tetap aman dan kondusif, kita sudah siapkan sarana komunikasi dalam Lapas berupa Wartel khusus pemasyarakatan. Untuk yang bersangkutan, kami melarangnya untuk berkunjung, masyarakat tolong dukung kami dan patuhi aturan,”terangnya.

Be the first to comment

Komentar Anda