Hati Hati Isi Pesan WhatsApp Ini Bisa Merusak Smartphone Anda

Pengguna WhatsApp diharapkan untuk berhati-hati dengan pesan yang muncul pada aplikasi mereka. Sebab, belakangan muncul pesan sederhana berisi “This is very Interesting!” ditambah dengan emoji tertawa hingga mengeluarkan air mata dapat merusak smartphone Android Anda. Pesan tersebut memiliki simbol tersembunyi di antara spasi.

Ketika pengguna mengetuk bagian dari salah satu pesan yang memang menarik perhatian namun punya kemampuan brutal tersebut dapat meyebabkan rusaknya akun sampai perangkat mobile pengguna.

simbol tersembunyi tersebut akan meluas dan menyelimuti WhatsApp dan OS Android. Hal itu membuat aplikasi dan smartphone mati.

Kemudian pesan kedua memberikan informasi bahwa apa yang terjadi jika pengguna mengetuk bagian pesan. “Jika Anda menyentuh titik hitam ini maka WhatsApp Anda akan hang,” tulis sebuah pesan teks yang terdapat titik hitam besar. Pesan tersebut tentu membuat pengguna penasaran kemudian mengetuk titik tersebut.

Menurut laman Phone Arena, ketika pengguna mengetuk titik hitam, itu akan mengubah teks menjadi html yang berarti beberapa jenis pencurian data telah terjadi. Upaya konfirmasi ke pihak WhatsApp soal hal ini masih terus dilakukan. Dan belum diketahui berapa lama waktu yang akan dilakukan WhatsApp untuk menyelesaikan masalah itu.

“Hati-hati, kadang bukan hanya WhatsApp yang rusak atau macet, seluruh sistem smartphone saya juga rusak dan terpaksa me-restart perangkat,” ujar salah satu pengguna WhatsApp dalam pengakuannya di situs forum Reddit dikutip Selasa, 8 Maret 2018.

Pesan tersebut diduga merupakan celah keamanan (bug) baru yang menyerang sistem Android. Namun pengguna Reddit yang menjadi korban tersebut mengatakan, bug tersebut juga bisa merusak akun WhatsApp di iPhone.

 

Be the first to comment

Komentar Anda