Presiden Joko Widodo Masuk Daftar Muslim Paling Berpengaruh Di Dunia

Presiden Joko Widodo kembali ditempatkan The Muslim 500 sebagai salah seorang Muslim paling berpengaruh di dunia dimana Jokowi berada di urutan ke-16 dalam daftar yang dipublikasikan tersebut.

The Muslim 500 merupakan sebuah survei tahunan yang mencantumkan 500 sosok muslim paling berpengaruh di dunia.

Dalam publikasinya para editor survei tersebut mengutip ucapan Jokowi yang menyatakan “keberagaman selalu menjadi bagian dari DNA Indonesia. Meskipun banyak tantangan, Islam di Indonesia selalu menjadi kekuatan yang moderat”.

 

Penyelenggara survei ini adalah The Royal Islamic Strategic Studies Centre yang berkedudukan di Amman, Jordania. Dalam menentukan tokoh yang berpengaruh, digabungkan kombinasi matriks sosial, opini publik, dan pendapat para ahli.

Selain Presiden Jokowi, ada dua nama lain dari Indonesia yang masuk Top 50. Yaitu Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj di peringkat ke-22 dan ulama karismatis Habib Luthfi bin Yahya di peringkat ke-41. Sementara, mantan Ketua PP Muhammadiyah Prof Dr Din Syamsuddin masuk Honourable Mentions.

Selain tiga nama di atas, The Royal Islamic Strategic Studies Centre juga merilis 25 nama tokoh yang mendapat penghargaan kehormatan. Dari 25 nama itu, mantan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin masuk di dalamnya. Din mendapat penghargaan kehormatan dalam kategori pemuka agama dan pendidik.

 

 Untuk tahun ini, di posisi pertama bertengger nama Profesor Dr Syekh Ahmad Muhammad Al-Tayyeb, Syekh Besar Universitas Al Azhar Mesir dan Imam Besar Masjid Al Azhar. Sedangkan di posisi kedua ditempati Raja Salman bin Abdul-Aziz Al-Saud dari Arab Saudi. Di posisi ketiga, ada nama Raja Yordania Abdullah II bin Al-Hussein.

 

Be the first to comment

Komentar Anda