Nelayan Filipina Selamatkan WNI Yang Terapung 23 Hari Di Laut

Seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang pondoknya hanyut ke tengah laut dan sempat terapung apung selama  23 hari berhasil diselamatkan oleh nelayan Filipina di Provinsi Tawi-tawi, Mindanao.

Berdasarkan keterangan yang diberikan juru bicara Komando Mindanao Barat, Kapten Jo-ann Petinglay disebutkan bahwa sang WNI yang bernama Erens Fiter ditemukan Selasa (10/4) sore dan sempat tinggal seharian bersama penyelamatnya, Idris Elsan, nelayan Filipina sebelum diserahkan ke polisi di Kota Simunul.

Dilansir Manila Times, Jumat (13/4), Fiter mengatakan dia hanyut ke laut setelah jangkar pondok terapungnya putus pada 19 Maret.

Fiter lalu dibawa Gugus Tugas Gabungan Militer Tawi-tawi dan Tim Batalyon Marinir 9 ke Bongao, Ibu Kota Provinsi Tawi-tawi.

Dilansir situs berita Sun Star, Idris Elsan sedang mencari ikan saat menemukan Fiter sekitar pukul 16,Selasa (10/4) dekat Barangay Manuk Mangkaw, Simunul, Tawi-tawi.

Diberitakan bahwa pondok Fiter hanyut sejak 19 Maret dan terbawa angin kencang. Dia berusaha minta bantuan dari kapal-kapal yang lewat, namun tidak berhasil mendapatkan perhatian.

“Kami berkoordinasi dengan Interpol Tawi-tawi dan Pos Perlintasan Perbatsan Indonesia untuk mengecek latar belakang Fiter,” kata Parcon.

“Berkat kerja sama trilateral, kita dapat berkoordinasi dengan negara-negara tetangga untuk menyelesaikan berbagai masalah,” kata dia.

Fiter saat ini masih berada di Markas Gugus Tugas Gabungan Tawi-tawi, Filipina Selatan sambil menunggu keputusan terakhir pemulangannya ke Indonesia.

Be the first to comment

Komentar Anda