Sambil Menangis Sukmawati Sampaikan Permohonan Maaf Kepada Umat Islam

Putri bungsu proklamator RI, Sukmawati Soekarnoputri tampil ke publik untuk memberikan penjelasan mengenai puisi ‘Ibu Indonesia’ yang jadi kontroversi dimana dirinya menyampaikan permohonan maaf kepada umat Islam sembari menangis.

Dalam konferensi pers yang dilakukan Sukmawati di Cikini, Jakarta Pusat pada Rabu (4/4/2018) tersebut dirinya menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh umat Islam di Indonesia.

“Dari lubuk hati yang paling dalam saya mohon maaf lahir dan batin, kepada umat Islam Indonesia,” ujar Sukmawati.

Terdapat lima poin yang dibacaskan oleh Sukmawati dalam konferensi pers tersebut dimana pada poin kelima yang berisi pernyataan maafnya Sukmawati membacakannya sembari menangis dan suaranya terdengar sesenggukan.

Dalam permohonan maafnya tersebut Sukmawati menegaskan bahwa “puisi yang saya bacakan…semata-mata adalah pandangan saya sebagai seniman dan budayawati dan murni merupakan karya sastra Indonesia.”

Dia juga mengaku “tidak ada niatan untuk menghina umat Islam Indonesia dengan Puisi Ibu Indonesia” yang ditulisnya dan menjadi bagian dari buku kumpulan puisi ibu Indonesia pada 2006.

“Namun, karena karya sastra dari Puisi Ibu Indonesia ini telah memantik kontroversi di berbagai kalangan baik pro dan kontra khususnya di kalangan umat Islam, dengan ini dari lubuk hati yang paling dalam, saya mohon maaf lahir batin kepada umat Islam Indonesia khususnya bagi yang merasa tersinggung dan berkeberatan dengan Puisi Ibu Indonesia,” sebut Sukmawati.

Sukmawati dilaporkan oleh beberapa pihak ke polisi karena puisinya dianggap menista agama Islam.

Be the first to comment

Komentar Anda