37 Orang Tewas Dan Puluhan Hilang Dalam Kebakaran Mal Di Rusia

Sebanyak 37 orang tewas dan puluhan orang termasuk anak-anak hilang saat kebakaran melanda sebuat mal di kota Kemerovo, Siberia, Rusia pada Minggu (25/3/2018) sore waktu setempat.

Kepanikan terjadi ketika api mulai barkobar di mal Winter Cherry tersebut.  Banyak anak berada di gedung bioskop dan area bermain di mal ketika kebakaran terjadi.

Sampai saat ini penyebab kebakaran masih belum jelas, dimana ada laporan yang menyebutkan bahwa sumber api berasal dari tempat bermain anak-anak. Sementara itu ada juga laporan yang menyebutkan bahwa Kebakaran hebat melanda sebuah mal di Kota Kemerovo, Siberia, Rusia, pada Minggu sore waktu setempat. Data terbaru dari Komite Investigasi setempat pada Senin (26/3/2018) menyatakan, 37 orang tewas dan puluhan orang termasuk anak-anak masih hilang.

Adapun cerita yang beredar di media-media sosial para saksi mata bercerita bahwa  tidak ada alarm kebakaran atau peringatan via loudspeaker, dan bahwa orang-orang harus menemukan jalan mereka sendiri melalui lantai atas mal yang sudah dipenuhi asap.

Ketika kebakaran hebat melanda, ratusan orang termasuk anak-anak berada di dalamnya. Tragisnya, banyak anak dibiarkan bermain di dalam mal tanpa pengawasan orangtuanya.

Api mulai berkobar pada Minggu sore dan berhasil dipadamkan sekitar 12 jam kemudian. Namun, kebakaran telah menghanguskan bangunan seluas sekitar 1.600 meter persegi.

Beberapa anak yang terperangkap di mal menelepon orang tua mereka atau menghubungi teman-teman mereka di media sosial. Salah sat pesan mengerikan dari gadis berusia 13 tahun viral di media sosial. “Kami terbakar. Mungkin, ini perpisahan,” bunyi pesan korban di media sosial VKontakte. Remaja yang meninggalkan pesan itu terdaftar sebagai korban hilang.

“Tidak ada alarm kebakaran, tidak ada peringatan ketika api berkobar,” kata saksi mata Anna Zarechneva yang berada di mal bersama suami dan putranya.

Saksi mata lain juga melaporkan bahwa alarm kebakaran di mal tidak berfungsi. Ketika kebakaran terjadi, orang-orang panik dan berlari ke pintu keluar.

“Kami memutuskan untuk pergi dan menonton kartun di mal ini untuk pertama kalinya. Tuhan, terima kasih karena telah menyelamatkan kami,” seorang wanita, yang diidentifikasi hanya dengan nama pendek Alexandra, yang mengunggah video kebakaran di media sosial.

“Saya melihat seorang wanita berlari dan berteriak tentang api, kepanikan pecah, kami hampir jatuh.Tidak ada alarm!,” tulis Alexandra, seperti dikutip Russia Today.

Menurut keterangan yang diberikan oleh pejabat kementerian layanan darurat Rusia Alexandre Eremeyev disebutkan bahwa saat ini  belum diketahui jumlah orang yang berada di lokasi ketika kebakaran terjadi sementara itu 120 orang telah dievakuasi dari pusat kebakaran.

Sebanyak 300 petugas pemadam kebakaran dan personel penyelamat telah diterjunkan ke lokasi kejadian dan berhasil mengendalikan kebakaran tersebut dalam waktu 6 jam.

Be the first to comment

Komentar Anda