Terkait Penutupan jalan Jati baru tanah Abang, Anies Dilaporkan Ke Polisi

Terkait penutupan Jalan Jatibaru Tanah Abang, Jakarta Pusat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dilaporkan ke Polda Metro Jaya, laporan ke polisi dibuat oleh Jack Boyd Lapian selaku Sekjen Cyber Indonesia.

Laporan Anies teregister dengan nomor TBL/995/II/2018/PMJ/Dit.Reskrimsus tanggal 22 Februari 2018. Adapun perkara yang dilaporkan adalah perbuatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan di Jalan Jatibaru Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Pihak terlapornya adalah Anies Baswedan. Pasal yang dilaporkan pasal 12 UU RI No 38 Tahun 2004 tentang Jalan.

Berdasarkan penjelasan yang didapat awak media dari pelapor disebutkan bahwa laporan tersebut dibuat karena Pemprov DKI dinilai tidak mempunyai aturan hukum soal penutupan kawasan Tanah Abang. Menurutnya, kebijakan itu pula yang mendapat respons negatif dari berbagai kalangan.

“Sehingga keputusan itu mendapat respon dari berbagai kalangan karena dianggap sebagai kebijakan yang kontroversial dan bertentangan dengan peraturan yang berlaku serta faktanya justru menimbulkan permasalahan baru, bahkan mengarah kepada dugaan tindak pidana,” kata Jack dalam keterangannya, Jumat (23/2/2018).

Selain itu menurut Jack kebijakan yang dibuat oleh Aniesw justru membuat para pedagang kaki lima semakin banyak. Banyak warga pula yang melakukan unjuk rasa karena penutupan kawasan Tanah Abang tersebut.

“Bahwa sesuai surat rekomendasi Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Tentang Penataan Kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat Kepada Pemprov DKI pada pokoknya meminta Pemprov DKI mengembalikan dan mengoptimalkan kembali fungsi jalan untuk mengurangi dampak kemacetan dan kecelakaan lalu lintas guna peningkatan kerja lalu lintas dan peningkatan pelayanan angkutan umum sesuai dengan ketentuan Per-UUan yang berlaku,” ujarnya.

Sementara itu saat dikonfirmasikan mengenai laporan tersebut, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono membenarkan adanya laporan tersebut

“Ya benar (ada laporan),” kata Argo.

Saat hal tersebut ditanyakan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tentang adanya laporan terhadap dirinya ke Polda Metreo Jaya  terkait penutupan jalan di Tanah Abang , Anies enggan berkomentar

Be the first to comment

Komentar Anda