Gatot Dan AHY Dua Teratas Figur Yang Cocok Dampingi Jokowi Menurut Survey Poltracking

Berdasarkan hasil survey Poltracking Indonesia disebutkan bahwa Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo dan Abdul Harimurti Yudhoyono (AHY) dinilai sebagai figur yang paling tepat untuk dampingi Joko Widodo di Pemilu 2019.

Dimana dalam simulasi terhadap tujuh kandidat calon wakil presiden untuk mendampingi Joko Widodo, Panglima TNI Jendral Gatot menempati posisi teratas dengan hasil 16,4 persen suara sedangkan AHY berada di posisi kedua dengan suara 16 persen suara.

 

Adapun kandidat-kandidat cawapres Jokowi turut disimulasikan oleh Poltracking karena Presiden Jokowi akan menjadi petahana pada Pemilu 2019.

Selain Jendral Gatot dan AHY lima nama lainnya mendapat perolehan angka jauh lebih kecil, yakni di bawah 5 persen. Dimana kelima figur yang lain tersebut adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani yang berada di urutan ketiga hanya mengantongi elektabilitas 4,3 persen, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan 2,3 persen, dan Menteri PMK Puan Maharani 2 persen, kemudian, Gubernur Nusa Tenggara Barat M Zainul Majdi berada di urutan berikutnya dengan 1,3 persen dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso dengan 0,9 persen.

Namun dalam survey yang dilakukan tersebut terdapat 56,8 persen responden yang tidak menjawab atau menjawab tidak tahu, dimana jumlah tersebut cukup besar yang membuat potensi setiap kandidat untuk menaikkan elektabilitas masih besar.

Survei tersebut dilakukan terhadap 2.400 responden yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi yang dilakukan pada 8 hingga 15 November 2017.

Survei dilakukan menggunakan metode stratified multistage rand sampling dengan margin of error 2 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Be the first to comment

Komentar Anda