Polri Usulkan Rubah Plat Kendaraan Dari Hitam Menjadi Terang

Polri melalui Kakorlantas Irjen Pol Royke Lumowa mewacanakan perubahan warna pada plat kenderaan dari berwarna hitam menjadi berwarna lebih terang, dimana usulan ini terjadi karena plat kenderaan sekarang yang berwarna hitam sering tidak tertangkap kamera CCTV.

Menurut Irjen Royke saat memberikan keterangan terkait usulan tersebut menyebutkan berdasarkan suvey yang telah dilakukan pihak Polri selama ini plat kenderaan sekarang yang berwarna hitam susah tertangkap kamera CCTV oleh sebab itu Pihak Polri mewacanakan akan merubahnya menjadi warna yang terang sehingga mudah tertangkap kamera.

Dalam kesempatan tersebut Irjen Royke juga membandingkan dengan kondisi plat kendaraan di negara negara lainnya dimana menurutnya di negara-negara maju tidak ada ditemukan plat nomor kenderaaan berwarna hitam akan tetapi berwarna biru muda,kining muda, dan lain lain yang berwarna terang dimana tujuannya agar mudah terpantau kamera pengawas.

Namun menurut Royke usulan perubahan warna plat kenderaan ini perlu dikaji lebih dalam lagi dimana perlu ada perubahan regulasi terlebih dahulu, lalu perubahan warna, dimana regulasinya terlebih dahulu lalu perlahan lahan merubah warnanya setahap demi setahap.

Dimana menurut Royke perubahan ditujukan ke kendaraan yang baru terdaftar dulu sehingga tidask mempersulit pemakai kenderaan yang telah memakai plat hitam namun disebutkannya jika ada yang telah mememakai plat hitam ingin merubah ke warna terang tetap diperbolehkan.

Berdasarkan keterangan Royke disebutkan bahwa pembahasan terkait perubahan warna plat kenderaan ini telah dilakukan sejakl lama dan diharapkan pada tahun 2018 wacana tersebut dapat direalisasikan.

Be the first to comment

Komentar Anda